Tuesday 28 October 2008

Tindakan ganda=Sukses Ganda?

Apakah untuk menggandakan sukses harus melalui menggandakan tindakan kita? Jawabannya belum tentu. Jika tidakan Anda sudah benar dan terfokus, maka sangat mungkin Anda akan menggandakan hasil Anda. Namun jika tindakan selama ini belum efektif dan terfokus, maka penggandaan tindakan bisa menjadi hanya penghamburan sumber daya saja. Lalu bagaimana agar kita bisa menggandakan hasil yang benar?

Adalah percuma menggandakan suatu tindakan yang tidak membawa hasil. Seribu kali lipat Anda gandakan tetap saja tidak akan membawa hasil, hanya akan buang-buang energi dan waktu. Jika Anda ingin melipat gandakan hasil Anda, maka langkah awalnya adalah Anda harus mengetahui tindakan mana yang sudah terbukti membawa hasil.

Saya teringat dengan strategi pemasaran seorang penulis buku best seller Robert G. Allen. Dia membuat beberapa iklan dalam skala kecil dengan biaya minimum terlebih dahulu. Terus dicoba sampai menemukan sebuah iklan yang paling membawa hasil. Setelah itu dia baru menggandakan usahanya dengan memasang iklan terbaik. Dia memilih media besar dan tentu biaya yang lebih mahal. Tetapi hasilnya luar biasa, sebab dia menggandakan usaha yang tepat. Sudah jutaan dolar dia dapatkan dari profesi sebagai penulis.

Intinya ialah, pilihlah tindakan-tindakan yang benar-benar efektif diantara sekian banyak tindakan yang Anda lakukan sehari-hari. Menurut konsep 80/20, 80% hasil Anda dihasilkan melalui 20% tindakan terbaik Anda. Jadi mulai sekarang Anda harus bisa mengidentifikasikan tindakan apa saja yang memberikan hasil dan tindakan apa saja yang tidak atau kurang memberikan hasil. Setelah Anda menemukan 20% tindakan terbaik Anda, maka gandakanlah.

Cara menggandakan tindakan tidak selalu harus dengan waktu, biaya, dan kerja keras. Justru langkah awal untuk menggandakan tindakan Anda ialah dengan fokus saat bertindak. Waktu, biaya, dan kerj keras Anda mungkin tidak perlu, jika Anda memfokuskan diri dalam bertindak. Fokus adalah kunci utama dalam menggandakan hasil usaha Anda saat ini. Tentu saja akan lebih besar lagi jika menggunakan daya ungkit lainnya seperti modal (dalam bisnis). Inilah esensi manajeman waktu yang bisa menggandakan penghasilan saya.


Comments :

0 komentar to “Tindakan ganda=Sukses Ganda?”

Post a Comment

Chat With Me

Blog Archive

Recent Comment

Recent Post

 

Copyright © 2009 by Me and MySelf